Perbedaan Kelomang Jantan dan Betina

Sejauh ini, mengetahui jenis kelamin jantan dan betina pada kelomang darat merupakan hal yang belum begitu bermanfaat. Memilih kelomang darat berdasarkan jenis kelaminnya pun bukanlah sesuatu yang begitu penting untuk para pemula. Hal ini dikarenakan seluruh kelomang yang diperjualbelikan saat ini merupakan hasil tangkapan alam liar dan belum bisa dibudidayakan. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika mempelajari perbedaan keduanya untuk menambah wawasan dan kepedulian terhadap populasi kelomang darat, khususnya di Indonesia.

Bagaimana cara membedakan kelomang jantan dan betina?

Adapun cara termudah untuk mengetahui jenis kelamin pada kelomang darat, yaitu pada kelomang betina, di bagian bawah dekat pangkal kaki belakang terdapat sepasang pori genital berbentuk seperti tanda titik yang disebut gonopores. Organ ini tidak dimiliki oleh kelomang jantan.

Apa manfaat dari informasi ini?

Penting sekali untuk diketahui bahwa kelomang darat belum bisa berkembangbiak dengan baik di dalam crabitat. Oleh karena itu, kelomang dengan jenis kelamin betina; terutama yang membawa telur sebaiknya dilepas ke habitatnya.
author

Ipunk Vizard

Pemrogram dan pencinta kelomang
Youtube | Instagram | Facebook | Twitter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mencari Kelomang yang Hilang

Pertolongan Pertama saat Dicapit Kelomang Darat

Faktor Penyebab Kematian Kelomang Darat