Fungsi Capit pada Kelomang Darat

Kelomang, baik spesies darat dan spesies laut memiliki sepasang capit. Capit tersebut terdiri dari sebuah capit besar dan sebuah capit kecil. Masing-masing dari capit tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Capit besar berfungsi sebagai pertahanan yang dapat diandalkan saat kelomang bersembunyi di dalam cangkangnya. Capit besar dapat menutup lubang masuk cangkang, sehingga kelomang dapat mempertahankan diri dan cangkang yang dikenakan dari kelomang lain yang ingin merebutnya. Capit besar juga berfungsi untuk memegang makanan.

Capit kecil berfungsi untuk meraih, menyobek dan memasukan makanan ke dalam mulut kelomang. Capit kecil lebih sering digunakan untuk mengambil objek-objek kecil yang tidak dapat diraih oleh capit besar; misalnya saat membersihkan kotoran yang ada di dalam cangkang kosong yang baru ditemui.

Umumnya, capit kiri merupakan capit besar dan capit kanan merupakan capit kecil. Namun tidak menutup kemungkinan untuk kondisi sebaliknya. Hal ini dikarenakan posisi kedua capit tersebut tergantung pada arah putaran spiral dari cangkang yang digunakan kelomang dalam kurun waktu yang cukup lama. Bahkan, kedua capit tersebut bisa saja tumbuh sama besar jika kelomang bertahan cukup lamanya dengan cangkang yang terlalu kecil.
author

Ipunk Vizard

Pemrogram dan pencinta kelomang
Youtube | Instagram | Facebook | Twitter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mencari Kelomang yang Hilang

Pertolongan Pertama saat Dicapit Kelomang Darat

Makanan Kelomang Darat