Tips Membersihkan dan Merawat Cangkang Gastropoda

Dalam memelihara kelomang darat, pastinya tidak akan terlepas dari yang namanya cangkang gastropoda. Agar perutnya yang lunak dapat terlindungi, cangkang gastropoda sangatlah dibutuhkan kelomang dalam kelangsungan hidupnya. Oleh sebab itu, pecinta kelomang pun diharuskan untuk memiliki wawasan lebih mengenai cangkang dari hewan bertubuh lunak tersebut. Salah satu hal dasar yang perlu diketahui, yaitu cara merawat dan membersihkan cangkang gastropoda.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dicoba:

  1. Membersihkan bagian dalam cangkang

    Sisa-sisa bangkai hewan; baik moluska pemilik cangkang maupun abdomen kelomang mati sering kali menjadi masalah saat membersihkan cangkang. Adapun cara mengatasinya, yaitu:
    • Letakkan cangkang di dalam crabitat, kelomang akan terpancing dengan aroma bangkai tersebut untuk dimakan dan membersihkannya secara tidak langsung.
    • Letakkan cangkang di bawah terik sinar matahari, biarkan semut berdatangan untuk membersihkan sisa bangkai tersebut.
    • Jika tidak terburu-buru, mengubur cangkang dalam waktu yang cukup lama juga dapat dilakukan agar serangga, larva, cacing dan bakteri membersihkan sisa-sisa bangkai.
    • Jika sisa-sisa bangkai telah kering atau menjadi kerak, rebuslah cangkang beberapa saat.
  2. Membersihkan bagian luar cangkang

    Untuk membersihkan permukaan luar cangkang tidaklah begitu sulit, gunakan pasta gigi dan sikat untuk membersihkan bagian luar cangkang. Selanjutnya, bilas dengan air dan oleskan baby oil agar cangkang semakin mengkilap.
  3. Perawatan

    Agar cangkang terjaga dari benturan atau pun gesekan dengan cangkang lainnya, bungkuslah dengan kertas. Simpanlah di tempat yang tertutup rapat agar serangga tidak masuk dan bersarang di dalam cangkang.
author

Ipunk Vizard

Pemrogram dan pencinta kelomang
Youtube | Instagram | Facebook | Twitter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mencari Kelomang yang Hilang

Pertolongan Pertama saat Dicapit Kelomang Darat

Faktor Penyebab Kematian Kelomang Darat