Tips Merawat Kelomang Darat yang Tidak Sehat

Pada dasarnya, kelomang yang sudah tidak sehat hampir mustahil untuk bisa pulih kembali. Meskipun dirawat dengan sangat baik di dalam crabitat, jarang sekali ada kelomang yang kondisinya dapat kembali membaik. Hal ini sejalan dengan fakta bahwa kelomang bukanlah hewan yang bisa dirawat secara berlebihan; semakin sering disentuh oleh tangan manusia, kelomang akan semakin stres. Namun, bukan berarti kita dapat begitu saja melepas tanggung jawab pemeliharaan tanpa melakukan tindakan yang berarti demi pulihnya kelomang kesayangan.

Perlu diketahui sebelumnya, kelomang yang tidak sehat cukup sulit untuk diidentifikasi penyebab sakitnya. Satu-satunya cara termudah untuk membantu proses pemulihan adalah dengan mengidentifikasi kondisi crabitat dan cara merawat kelomanng tersebut.

Berikut adalah daftar kondisi yang mungkin terjadi:
  1. Bagaimana pemeliharaan sebelumnya?

    Kelomang yang dibeli dari pedagang yang tidak berpengalaman dalam memelihara kelomang seringkali didapati dalam keadaan stres atau sakit, biasanya akibat dari pemeliharaan yang terlalu padat, jorok, dan tanpa substrat.
  2. Bagaimana proses pengiriman kelomang tersebut?

    Jika kelomang dibeli dari luar daerah, segala hal yang terjadi saat pengiriman juga sangat berpengaruh. Misalnya kurangnya kelembapan dan serabut kelapa, suhu yang panas, kelomang terikat dan tidak bisa bergerak sama sekali, lambatnya jasa pengiriman, dan masih banyak lagi hal yang tak terduga.
  3. Bagaimana kelomang tersebut dipelihara?

    Ada banyak sekali yang perlu diperhatikan, seperti:
    • Luas crabitat
    • Jumlah penghuni
    • Jenis penghuni
    • Jenis substrat
    • Makanan yang diberikan
    • Suhu dan kelembapan
    • dll.
Jika ada sesuatu yang belum sesuai dengan tata cara pemeliharaan kelomang darat yang baik, segera ubah dan kembali amati. Hal ini sangatlah penting untuk mencegah hal yang sama terjadi pada kelomang lainnya yang masih sehat.

Tindakan pada kelomang yang tidak sehat

Sedangkan untuk kelomang yang sakit, dapat diperlakukan sama seperti kelomang yang akan molting; yaitu karantina. Kelomang yang lemah kondisinya sebaiknya dipisah secara tersendiri, tanpa ada kelomang lainnya dalam satu crabitat darurat. Jauhkan crabitat tersebut dari cahaya dengan menutup seluruh bagian; metode ini akan membuat crabitat menjadi lembap. Sebisa mungkin hindari untuk melakukan kontak langsung atau mengganggu apa yang dilakukan kelomang, cukup amati kelomang tersebut dari hari ke hari untuk memastikan kondisinya.
author

Ipunk Vizard

Pemrogram dan pencinta kelomang
Youtube | Instagram | Facebook | Twitter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mencari Kelomang yang Hilang

Pertolongan Pertama saat Dicapit Kelomang Darat

Faktor Penyebab Kematian Kelomang Darat