Perbedaan Kelomang Darat dan Kelomang Laut

Umumnya, masyarakat awam hanya mengenal sebutan kelomang atau umang-umang pada hewan kecil bercangkang yang sering dijual kepada anak-anak. Padahal, berdasarkan tempat hidupnya, kelomang diklasifikasikan menjadi 2 kelompok yaitu kelomang darat dan kelomang laut.

Apa perbedaan kelomang darat dan kelomang laut?

Seperti namanya, kelomang darat hidup di daratan seperti pesisir pantai sedangkan kelomang laut hidup di dalam air laut. Keduanya pun tidak dapat hidup di alam yang berlawanan; kelomang darat akan mati jika tenggelam di dalam air, seperti halnya kelomang laut akan mati jika berada cukup lama di daratan.

Bagaimana cara membedakannya?

Kelomang darat hidup di pesisir pantai; agak jauh dari pasang surut air laut. Kelomang darat sering kali bersembunyi di dalam pasir, bebatuan, dan ranting tumbuhan hingga malam tiba. Mereka hanya akan mendekati air laut pada saat minum, mengisi persediaan air di dalam cangkang dan saat pelepasan telur-telurnya. Secara fisik, kelomang darat memiliki kaki jalan yang tebal, umumnya bermata pipih (sebagian spesiesnya memiliki tangkai mata berbentuk tabung), serta corak warna tubuh yang tidak lebih dari dua kombinasi.

Sebaliknya, kelomang laut akan selalu ditemui di dalam air laut (jika tidak terdampar), beberapa spesiesnya bahkan dapat dengan mudah ditemui jika laut sedang surut. Kelomang laut biasanya memiliki kaki-kaki yang ramping, tangkai mata berbentuk tabung, dan corak warna pada tubuhnya lebih bervariasi. Cangkang yang dikenakan kelomang laut kerap kali berlumut, bahkan anemon laut pun tidak jarang menempel di cangkangnya.

Apakah jenis kelomang yang sering diperjualbelikan kepada anak-anak?

Kelomang darat merupakan jenis yang sering kali diperjualbelikan kepada anak-anak; biasanya di depan sekolah dan pasar malam.
author

Ipunk Vizard

Pemrogram dan pencinta kelomang
Youtube | Instagram | Facebook | Twitter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mencari Kelomang yang Hilang

Pertolongan Pertama saat Dicapit Kelomang Darat

Makanan Kelomang Darat