Faktor Penyebab Stres pada Kelomang Darat

Kelomang adalah hewan yang sangat rentan mengalami stres. Tanda-tandanya dapat dikenali dari aktivitasnya yang tidak biasa; cenderung diam atau sedikit bergerak. Ironisnya, stres yang mereka alami lebih sering berasal dari kesalahan pemelihara. Sekaligus menjadi dampak dari kurangnya edukasi mengenai cara memelihara kelomang darat (umang-umang) yang tepat.

Untuk mencegah terjadinya stres pada kelomang darat, pahamilah beberapa faktor berikut:

1. Populasi Kandang Terlalu Penuh

Walaupun kelomang hidup berkoloni di habitatnya, bukan berarti Anda dapat memeliharanya secara bertumpuk di dalam kandang yang memiliki daya tampung terbatas. Mereka membutuhkan area yang luas untuk dapat melindungi diri, baik dari predator maupun gangguan kelomang lainnya. Kandang yang terlalu sesak juga akan memicu beberapa masalah lain seperti; kotoran, perebutan cangkang, autotomi, dan sampai dengan kematian kelomang.

2. Perebutan Cangkang

Kelomang memiliki kebiasaan unik, yaitu memperebutkan cangkang keong sebagai rumahnya. Ketersediaan cangkang yang terbatas akan mempersulit keadaan, sebab tak hanya cangkang kosong yang dicari seekor kelomang, cangkang berpenghuni pun akan dikejarnya jika mereka tertarik. Sebagian kelomang akan terus mengincar cangkang yang mereka inginkan, hal ini akan menimbulkan stres pada kelomang yang dirampas cangkangnya. Akan lebih buruk lagi jika perkelahian atau perebutuan cangkang tersebut menyebabkan cacat pada salah satu kelomang.

3. Terlalu Lama Berada di Tangan

Berbeda dari hewan peliharaan pada umumnya yang dapat dipegang dalam waktu yang lama. Kelomang tidak dapat digenggam terus menerus seperti mainan anak-anak. Jika merasa terjepit karena tangan Anda, mereka bisa saja keluar meninggalkan cangkangnya untuk meloloskan diri.

4. Terjatuh dari Ketinggian

Terjatuh dari ketinggian tidak hanya akan menimbulkan stres, tetapi juga resiko kematian. Kelomang memiliki perut yang sangat lunak, jika terjadi retakan di bagian dalam cangkang, tentu akan mengancam keselamatan kelomang tersebut.
author

Ipunk Vizard

Pemrogram dan pencinta kelomang
Youtube | Instagram | Facebook | Twitter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mencari Kelomang yang Hilang

Pertolongan Pertama saat Dicapit Kelomang Darat

Faktor Penyebab Kematian Kelomang Darat